India Ungkapkan Keinginan untuk Menyelesaikan Konflik Antara Ukraina dan Rusia

Perdana Menteri India, Narendra Modi, mengeluarkan seruan perdamaian untuk mengakhiri perang di Ukraina yang telah berkecamuk selama lebih dari dua tahun. Dalam pertemuan dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, Modi menekankan pentingnya perundingan damai untuk mencapai hasil yang positif. Modi, yang baru terpilih kembali sebagai perdana menteri India untuk periode lima tahun, menyatakan bahwa solusi damai adalah kunci bagi masa depan yang cerah bagi generasi mendatang.

Rusia telah melancarkan perang di Ukraina sejak Februari 2022, menyebabkan ribuan korban jiwa dan jutaan orang melarikan diri mencari perlindungan. Modi menyoroti betapa tragisnya konflik ini, terutama saat anak-anak yang tidak bersalah terbunuh.

Kunjungan resmi Modi ke Rusia disambut dengan penuh minat oleh seluruh dunia. Dalam pertemuan di Kremlin dengan Putin, keduanya membahas upaya perdamaian dan penyelesaian konflik. Modi menekankan pentingnya dialog untuk mencapai perdamaian, sambil menegaskan bahwa tindakan militer tidak akan berhasil memecahkan masalah.

AS telah mendesak India untuk memastikan bahwa resolusi konflik Ukraina tetap menghormati kedaulatan Ukraina. India sebagai sekutu utama AS diharapkan akan tetap setia pada prinsip-prinsip Piagam PBB dalam merespons konflik global.

Selain itu, India dan Rusia sepakat untuk meningkatkan kerja sama perdagangan bilateral dan mengembangkan mekanisme pembayaran menggunakan mata uang nasional masing-masing. Mereka juga berencana untuk memperkenalkan instrumen keuangan digital dalam kerja sama mereka serta membuka cabang institusi medis India di Rusia.

Pernyataan bersama kedua negara menegaskan komitmen mereka untuk memperkuat hubungan dengan memperluas kerja sama di berbagai bidang, termasuk penyediaan layanan kesehatan dan keamanan medis. Ini adalah langkah penting untuk memperdalam kerja sama antara India dan Rusia dalam upaya mencapai perdamaian dan stabilitas regional.

Modi dan Putin bertekad untuk mencari solusi damai atas konflik Ukraina melalui dialog, menjaga kedaulatan negara-negara terlibat, dan memastikan keselamatan dan keamanan semua warga sipil. Itu adalah langkah penting menuju perdamaian yang berkelanjutan dan stabilitas di kawasan tersebut.

Dengan demikian, upaya perdamaian yang dilakukan Modi dan Putin memperlihatkan komitmen keduanya untuk mencari solusi atas konflik yang sedang berkecamuk. Melalui kerjasama dan dialog, diharapkan konflik di Ukraina dapat diselesaikan secara damai dan membawa keamanan bagi seluruh warga negara yang terdampak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *